Friday, 17 November 2017

Indonesia Targetkan 44 Startup Unicorn Pada 2020

Teknologi - Unicorn adalah sebutan untuk startup yang memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Dimana pada 2020 Menkominfo menargetkan Indonesia untuk memiliki lima startup yang di predikat sebagai startup unicorn.


Saat ini sudah ada tiga startup yang mendapatkan predikat Startup unicorn yaitu Tokopedia, Traveloka dan Go-Jek. Dan pada 2020 ini Indonesia menyiapkan 44 Startup untuk go unicorn.

“Kami pilih 44 startup untuk menjadi unicorn ini bersama-sama. Ada masukan dari William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Nadiem Makarim (CEO Go-Jek), banyak pihak,” Ujar menteri Kemenkominfo, Kamis (16/11/2017).

Juga pada Oktober lalu, 44 Startup tersebut juga sudah di ajak untuk menghadapi para investor asing di Silicon Valley, San Francisco, AS untuk belajar serta menjalin hubungan dengan para investor asing.

Oktober lalu, beberapa dari 44 startup tersebut sudah diajak roadshow ke Silicon Valley, San Francisco, AS untuk belajar dan menjalin hubungan dengan para investor asing. Ke depan, kata Rudiantara, para startup akan diajak roadshow lagi ke Shanghai.

“Kami bawa para startup ini menghadap investor asing sudah dalam paket yang profesional,” ujar Rudiantara.

Selain itu juga pada 2020 ini di genjot pertumbuhan startup di Indonesia dengan program 1.000 startup digital yang diproyeksikan pada 2020 ini. Yang mana dari 1.000 startup ini dapat menghasilkan 50 startup unicorn.

"2020 kalau dari 1.000 (startup) jadi 50 unicorn udah bagus banget, lima persennya," kata Rudiantara.

Sumber: Kompas
Editor: Deden Reinaldi


EmoticonEmoticon